3 | Allah Anak

YESUS sudah menjadi seperti kita supaya kita dapat menjadi seperti DIA, dan mengambil tempat kita dalam keluarga ALLAH.

YESUS – DIAKUI SEBAGAI ALLAH

Kenyataan bahwa YESUS ialah ALLAH yang sudah datang ke dunia sebagai seorang Manusia adalah sebuah dasar penting bagi Kekristenan. Baca I Yoh.4:1-3; II Yoh.7.
“Dan sesungguhnya agunglah rahasia ibadah kita: “DIA, yang telah menyatakan DiriNYA dalam rupa manusia, dibenarkan dalam ROH; yang menampakkan DiriNYA kepada malaikat-malaikat, diberitakan di antara bangsa-bangsa yang tidak mengenal ALLAH; yang dipercayai di dalam dunia, diangkat dalam kemuliaan”. (I Tim.3:16). Lihat juga lber. 1:8,9; Mat.1:23; Yoh.5:18.

YESUS DATANG MENYATAKAN ALLAH KEPADA MANUSIA

Keinginan ALLAH semenjak Adam ialah mendatangi manusia serta bersekutu dengannya, tetapi dosa sudah datang membawa suatu pemisahan yang menghancurkan kejadian ini.
“Tetapi yang merupakan pemisah antara kamu dan ALLAHmu ialah segala kejahatanmu, dan yang membuat DIA menyembunyikan Diri terhadap kamu, sehingga IA tidak mendengar, ialah segala dosamu”. (Yes.59:2). Lihat juga Kej.3:8-10.

Dengan kedatanganNYA sebagai manusia ALLAH bermaksud hendak memulihkan persekutuan yang telah lenyap itu dengan manusia, dan menyatakan DiriNYA dalam cara-cara yang terbatas.
“Serkiranya kamu mengenal AKU, pasti kamu juga mengenal BAPAKU. Sekarang ini kamu mengenal DIA dan kamu telah melihat DIA”. (Yoh. 14;7). Lihat juga Yoh.1:14,18.

Di Salib YESUS sudah membayar harga penuh untuk sebuah hubungan baru yang indah yang tak terhalangi lagi.
“Tetapi sekarang di dalam KRISTUS YESUS kamu yang dahulu “jauh” sudah menjadi “dekat” oleh Darah KRISTUS”. (Epe.2:13). Lihat juga lber.8:11,12.

YESUS DATANG MENYAMAKAN DIRE DENGAN MANUSIA

ALLAH sanggup bersikap pribadi sebab YESUS sudah secara pribadi hadapi setiap jenis situasi dan pengalaman yang kita miliki.
“Sebab sesungguhnya, maka dalam segala hal IA harus disamakan dengan saudara-saudaraNYA, supaya IA menjadi Imam Besar yang menaruh belas kasihan dan yang setia kepada ALLAH untuk mendamaikan dosa seluruh bangsa. Sebab oleh karena IA Sendiri telah menderita karena pencobaan, maka IA dapat menolong mereka yang dicobai”. (lber.2:16-18). Lihat juga Iber.5:2.
Dari kelahiran sampai kematianNYA YESUS sudah mengalami kepelbagaian ujian dan pencobaan yang kita
“Sebagai taruk ia tumbuh di hadapan TUHAN dan sebagai tunas dari tanah kering. la tidak tampan dan semaraknyapun tidak ada sehingga kita memandang dia, dan rupapun tidak sehingga kita menginginkannya. la dihina dan dihindari orang, seorang yang penuh kesengsaraan dan yang biasa menderita kesakitan; ia sangat dihina, sehingga orang menutup mukanya terhadap dia dan bagi kitapun dia tidak masuk hitungan.
Tetapi sesungguhnya, penyakit kitalah yang ditanggungnya, dan kesengsaraan kita yang dipikulnya, padahal kita mengira dia kena tulah, dipukul dan ditindas ALLAH. Tetapi dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita; ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh”. (Yes.53:2-5). Lihat juga Yes.53:6-1 2; P1.2:6-8.

YESUS DIT LAK DAN DIBIARKAN

Oleh orang bang k Mat.26:55
Oleh pemimpin-pemimpin agama Mat.26:3,4
Oleh para murid dan sahabatNYA Mat. 26:47,50,56,70
Oleh BAPANYA Mat.27:46

YESUS MENDERITA

Pencobaan Mat.4: 1-3
Rasa sakit Mat.27:26
Masgul dan duka Yoh.11:35,36
Olokan/ejekan Mat.27:29

YESUS DATANG MENJADI TELADAN BAGI KITA

Hanya dengan menjadi manusia dapatlah ALLAH membentuk suatu kaidah teladan bagi umat manusia. IA tahu keterbatasan manusiawi mereka namun telah mengungkapkan sebuah jalan yang supra-alami (di luar kewajaran).
“Sebab AKU telah memberikan suatu teladan kepada kamu, supaya kamu juga berbuat sama seperti yang telah KUperbuat kepadamu”. (Yoh.13:15).
Suatu teladan melayani Yoh.13:3-15
Suatu teladan mengasihi Yoh.13:34
Suatu teladan menderita IPet.2:21

YESUS DATANG MEMBAWAKAN PERDAMAIAN DAN HIDUP

ALLAH menjadi manusia untuk memperbarui hubungan antara ALLAH dan manusia, untuk dapat
memperlihatkan IA memaklumi segala kebutuhan mereka serta membuka jalan bagi suatu perdamaian penuh.
“Juga kamu yang dahulu hidup jauh dari ALLAH dan yang memusuhiNYA dalam hati dan pikiran seperti yang nyata dari perbuatanmu yang jahat, sekarang diperdamaikanNYA, di dalam tubuh jasmani KRISTUS oleh kematianNYA, untuk menempatkan kamu kudus dan tak bercela dan tak bercacat di hadapanNYA”. (Ko1.1: 21,22). Lihat juga Rom.5:10, 1 1 .
“Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; AKU datang supaya mereka mempunyai Hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan”. (Yoh.10:10).

MENGHAYATI SENDIRI
ALLAH ANAK

1. Cara bagaimana YESUS menyamakan Diri dengan manusia? Coba hayati 8 hal.

2. Apa yang dipulihkan YESUS dengan kedatanganNYA?

3. Perintah apa diberikan YESUS yang memperlihaTKAN IA sebagai teladan Kasih?

4. Dalam pengertian anda, apakah yang dimaksudkan Iberani 12:2,3 bagi anda pribadi?

Uraikan dengan perkataan anda sendiri cara bagaimana Kebenaran pengajaran ini akan pengaruhi hidup anda.

YAPENRI (Yayasan Pendidikan Rohani Indonesia) P.O. Box 2869, Jakarta Pusat, Indonesia. © ASIAN OUTREACH 1980.